Welcome To My Blog

Jumat, 29 September 2017

Lomba Karya Tulis

Kereta Api Indonesia di Masa Mendatang
Oleh Tamadhar Al Gufran

                PT. Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang jasa dan juga merupakan satu-satunya Badan Usaha MIlik Negara (BUMN) perkeretaapian di Indonesia. Maka sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa, kepuasan pelanggan adalah hal yang sangat penting. Oleh sebab itu, pelayanan dan sarana kereta api harus terus ditingkatkan agar pelanggan merasa puas.
                Stasiun sebagai tempat kedatangan dan keberangkatan kereta api,  juga merupakan tempat menunggu bagi para penumpang kereta api, untuk itu layanan dan fasilitas di stasiun harus baik dan memadai. Untuk itu harapan penulis untuk Kereta Api Indonesia di masa mendatang, stasiun-stasiun yang berada di berbagai daerah di Indonesia akan menggunakan arsitektur dan desain bangunan yang bertemakan budaya khas daerah tempat stasiun tersebut. Sebagai contoh stasiun yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta menggunakan arsitektur bangunan seperti Keraton Yogyakarta, desain-desain interior bangunannya terdapat lukisan-lukisan atau relief-relief pada dinding bangunan berupa batik tradisional Yogyakarta atau benda-benda lainnya yang dapat memberikan edukasi kepada para penumpang kereta api. Hal ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para calon penumpang kereta api agar mengetahui dan tidak melupakan budaya-budaya yang ada di setiap daerah di Indonesia. Hal lain yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya yang ada di Indonesia adalah dengan menggunakan tiga bahasa saat pemanggilan para penumpang, bahasa tersebut adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah stasiun tersebut, dan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional.
                Selain arsitektur bangunan stasiun yang berkonsep budaya, akan lebih terasa nyaman jika arsitektur bangunan yang berkonsep budaya tersebut dipadukan dengan konsep eco-green. Hal ini, selain akan memberikan keindahan pada interior bagunan, bangunan juga akan terasa sejuk karena banyaknya tanaman hijau yang berada didalam stasiun. Dengan konsep bangunan seperti ini, yang memadukan antara konsep budaya dan konsep eco-green ini dapat dipastikan para penumpang yang sedang menunggu kereta api di stasiun akan merasa sangat nyaman.
Arsitektur stasiun yang bertemakan budaya tidak serta merta menjadikannya terlihat seperti bangunan kuno, karena fasilitas-fasilitas yang ada didalamnya akan dilengkapi dengan fasilitas yang modern. Dipintu utama stasiun akan terdapat metal detector untuk meningkatkan keamanan di stasiun dan agar tidak terjadi sesuatu yang berbahaya nantinya pada saat didalam kereta api. Di stasiun juga akan tersedia troli agar para calon penumpang yang membawa banyak barang tidak kesulitan untuk membawa barang yang dibawanya. Selanjutnya akan ada tempat check in penumpang dengan scan barcode pada tiket penumpang. Setelah para penumpang check in maka para penumpang akan pergi ke ruang tunggu kereta api, pada saat menunggu kereta api para penumpang pada umumnya saat ini akan memainkan gadgetnya. Maka dari itu, di stasiun akan tersedia wifi gratis dan stop kontak untuk para penumpang.
                Layanan-layanan canggih yang ada rasanya kurang sempurna jika tidak terdapat layanan-layanan khusus untuk beberapa penumpang tertentu, layanan-layanan khusus ini adalah layanan yang diberikan kepada para penumpang yang memerlukan pelayanan yang lebih dari penumpang-penumpang lainnya. Layanan khusus ini ditujukan kepada para penumpang lansia, layanan tersebut bisa berupa layanan kursi roda, toilet khusus lansia dan layanan lainnya yang dapat membantu para penumpang lansia-lansia tersebut pada saat berada di stasiun.
                Hal yang penting untuk dibahas dalam karya tulis ini adalah tentang angkutan itu sendiri yaitu Kereta Api. Di masa mendatang penulis berharap Kereta Api Indonesia dapat menjadi transportasi umum favorit pilihan masyarakat Indonesia. Untuk menjadi moda transportasi umum favorit pilihan masyarakat Indonesia maka Kereta Api Indonesia harus memberikan pelayan dan fasilitas terbaik.
                Kereta Api Indonesia di masa mendatang akan memiliki akses video dan audio disetiap kursinya. Akses tersebut berupa layar kecil yang ada disetiap kursi dan mempunyai jack audio, jack audio berguna agar ketika penumpang kereta api sedang menonton film di layar tersebut penumpang bisa menggunakan headset. Apabila para penumpang yang tidak membawa headset dan  ingin menonton film, maka penumpang dapat menyewa headphone kepada pramugari atau pramugara kereta api. Selain fasilitas tv kecil yang ada disetiap kursi, kereta api juga mempunyai fasilitas wifi. Fasilitas wifi ini dapat tersedia secara gratis di kereta-kereta tertentu dan wifi berbayar pada kereta-kereta tertentu.
                Fasilitas lain yang perlu ada di kursi penumpang adalah tombol untuk memanggil pramugari atau pramugara kereta api. Tombol ini akan sangat berguna jika penumpang memerlukan bantuan pramugari atau pramugara ataupun untuk membeli makanan atau minuman yang dijual di kereta api, Sehingga para penumpang yang membutuhkan bantuan tidak perlu menunggu atau mendatangi pramugari atau pramugara. Cara kerjanya adalah  Ketika tombol ini ditekan oleh penumpang maka akan ada pemberitahuan kepada pramugari atau pramugara bahwa pada gerbong sekian dan kursi nomor sekian yang menekan tombol, maka pramugari atau pramugara akan datang ke tempat tersebut.
                Pada kereta-kereta api perjalanan jauh yang perjalanannya memakan waktu yang cukup lama, diharapkan pada kereta tersebut tersedia gerbong khusus tempat ibadah. Dengan adanya gerbong khusus tempat ibadah ini maka para penumpang yang ingin beribadah pada saat berada didalam kereta akan merasa nyaman karena mereka punya tempat khusus untuk melakukan ibadah, sehingga tidak terganggu oleh orang lain saat beribadah. Seperti layaknya inovasi yang telah dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia dengan adanya gerbong khusus untuk klinik.
                Panel surya sebagai pembangkit listrik energi terbarukan adalah sebuah alat yang dapat merubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Panel surya ini, jika dimanfaatkan di Kereta api sebagai sumber energi listrik, maka dapat mengurahi konsumsi bahan bakar minyak pada kereta api. Panel surya ini akan diletakkan diatas gerbong-gerbong kereta api yang nantinya akan terkena cahaya matahari dan merubahnya menjadi energi listrik dan energi listrik tersebut akan bertanggung jawab atas semua konsumsi listrik yang ada pada gerbong kereta.
                Dan harapan lain untuk Kereta Api Indonesia di masa mendatang adalah mempunyai kereta api cepat, yang kecepatan maksimal kereta keretanya mencapai 300 - 500 km/jam dengan akselerasi dari 0 – 300 km/jam hanya dalam 10 menit, sehingga dapat menghubungkan daerah-daerah yang jaraknya jauh hanya dalam waktu yang singkat. Kereta cepat ini akan menggunakan teknologi jalur levitasi magnetis. Teknologi ini adalah teknologi yang membuat kereta melayang diatas relnya, hal ini terjadi akibat adanya medan magnet yang muncul antara rel dan kereta, medan magnet inilah yang mengakibatkan kereta dapat melaju dengan sangat cepat karena tidak terjadinya gesekan antara rel dan kereta. Teknologi ini telah digunakan di China dan kereta tesebut saat ini merupakan kereta tercepat di dunia. Semoga PT. Kereta Api Indonesia juga dapat menggunakan dan mengembangkan teknologi ini di Indonesia.
                Penulis juga menemukan sebuah ide untuk dikembangkan yang mungkin suatu saat nanti teknologi tesebut akan ada, ide tersebut adalah auto pilot pada kereta api. Teknologi ini akan bekerja ketika saat kereta api melewati rambu tanda kecepatan maksimal kereta api, pada rel tempat rambu tersebut akan ada sebuah sensor, yang nantinya ketika roda kereta api telah melewati rel tersebut, maka otomatis kecepatan kereta akan berubah, baik itu penurunan kecepatan maupun peningkatan kecepatan, tergantung pada rambu yang ada menunjukkan kecepatan berapakah kereta tersebut harus melaju.
                Sensor pada rel ini juga dapat digunakan pada saat akan melewati palang pintu kereta api. Pada saat jarak sekitar 300 - 500 meter dari palang pintu kereta akan ada rel yang memiliki sensor, yang akan menutup otomatis palang pintu dan membunyikan serine pertanda kereta akan lewat ketika kereta api melintasi rel yang memiliki sensor tersebut. Dan ketika kereta api telah melintasi palang pintu, kereta akan melintasi sebuah rel lagi yang mempunyai sensor untuk membuka kembali palang pintu tesebut.
                Untuk efisiensi jumlah gerbong kereta api karena banyaknya jumlah penumpang, Kereta Api Indonesia di masa mendatang akan mempunyai kereta api bertingkat. Mempunyai kereta api bertingkat dapat meminimalisir penggunaan gerbong kereta dan memaksimalkan jumlah penumpang yang diangkut dalam sekali perjalanan.
                 Itulah harapan-harapan untuk Kereta Api Indonesia di masa mendatang yang dapat penulis tuliskan dalam karya tulis ini. Semoga PT. Kereta Api Indonesia di ulang tahun yang ke 72 ini semakin maju, menjadi moda transpotasi favorit pilihan masyarakat Indonesia, moda transportasi yang aman, tepat waktu, dan dapat terus berinovasi untuk dapat meningkatkan kepuasan dan kenyaman masyarakat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar